Tips Ringan Merawat Motor Modifikasi

0
Norton Dominator

Modifikasi Motor Kesayangan

IMIRIAU.ID – Tips & Trik.  Modifikasi sepeda telah menjadi hobi umum dikalangan pecinta dunia otomotif. Banyak bikers melakukan modifikasi pada motor tunggangannya mulai dari tampilan hingga urusan dapur pacu si kuda besi. Berbagai jenis aliran modifikasi dilakukan guna memuaskan selera si mpunya motor. Mulai dari motor matic hingga superbike, baik dari kuda besi lawas yang direstorasi hingga keluaran terbaru dari pabrikan otomotif.

Motor yang telah dimodifikasi tentunya perlu mendapatkan perlakuan khusus dari mpunya motor. karna akan sangat sayang jika motor yang telah disolek tersebut tidak bertahan lama karna kurangnya perhatian dari si mpunya motor. Nah, untuk itu wan mencoba untuk berbagi kesaktikan supaya motor sobat IMI tetap dalam keadaan “bedelau untuk mase yang lame”. berikut tipsnya:

  1. Selalu perhatikan dengan detil kebersihan dari si motor. Jangan sungkan untuk sering kali mencuci motor kesayangannya. Dalam mencuci juga selalu perhatikan detil bagian-bagian terselubung seperti bagian dalam dari spakbor, tuas engkol, shockbreaker hingga kolong motor sobat IMI. Sela-sela velg juga perlu dibersihkan dengan cermat terutama jari-jari jika sobat IMI menggunakan velg jari-jari pada motor kesayangannya. everything must be perfect ketika memandikan motor kesayangan bukan? oh iya, kondisikan juga permbersih yang digunakan, jangan yang berpotensi memudarkan kecantikan dari motor sobat IMI.
  2. Untuk urusan kesehatan, jangan lupakan jadwal perawatan berkala dari motor kesayangan sobat IMI. Terlebih bagi motor yang melakukan modifikasi pada bagian dapur pacunya. Jangan ragu untuk mencoba bengkel baru yang dirasa mengerti motor sobat IMI sama baiknya dengan perhatian yang dibagi oleh puan sobat IMI, eh. Baik bengkel resmi maupun bengkel custom tidak resmi bisa sama baiknya dalam urusan perawatan motor.
  3. Untuk urusan kesehatan kedua. Nutrisi dari motor sobat IMI tentunya juga harus disesuaikan dengan kondisi dari si motor. Nutrisi ini seperti oli, minyak rem, pelumas perseneling dan lain sebagainya. Jangan hanya karna termakan iklan di televisi maupun media lainnya. Tidak ada salahnya berdiskusi dengan mekanik terpercaya maupun belajar dari pengalaman kawan-kawan sekitar rumah maupun di komunitas sobat IMI. Jangan coba-coba hanya karena termakan iklan sob! pilih yang jelas kualitasnya.
  4. Untuk urusan kesehatan selanjutnya. Baiknya motor yang melakukan modifikasi pada bagian dapurnya juga mendapatkan konsumsi bahan bakar yang jelas baik kualitasnya. memang akan memakan uang lebih, tapi tentunya mesin motor menjadi lebih awet dan peformanya akan lebih maksimal.
  5. Untuk perawatan lainya, sobat IMI jangan malas untuk menggunakan kick starter pada motor sobat IMI. faktanya penggunaan kick starter untuk memanaskan motor di pagi hari membantu untuk melumasi bagian-bagian mesin motor sobat IMI.
  6. Dalam urusan berkendara baiknya juga jangan sering-sering menggasak motor dengan brutal. Onderdil modifikasi tentunya memiliki masa pakai dan menggasak tentunya juga tidak baik bagi si motor untuk jangka waktu yang lama.
  7. Jangan sering menjemur motor kesayangan sobat IMI di terik matahari langsung. Pengalaman wan adalah motor yang sering dijemur menyebabkan pudarnya warna cat dan timbulnya noda kuning dan retakan pada bagian mika.
  8. Yang terakhir tingkatkan kewaspadaan dalam berkendara, berkendaralah yang sopan dan aman. Sobat IMI tentunya tidak ingin kejadian di jalan yang bisa mencelakakan sobat IMI dan motor kesayangannya.

sekian tips kesaktian dalam merawat motor modifikasi. budayakan berkendara yang sopan dan aman di jalanan. Salam modifikasi dan salam bikers.

(WAN/IMIRIAU.ID)
Share.

About Author

Zugo Gandi

“Anak lelaki tak boleh dihiraukan panjang, hidupnya ialah buat berjuang, kalau perahunya telah dikayuhnya ke tengah, dia tak boleh surut palang, meskipun bagaimana besar gelombang. Biarkan kemudi patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia daripada membalik haluan pulang.” ― Hamka, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck