Motor Matic Tiba-Tiba Mati, Jangan Panik Bro

0
mesin motor matic

mesin motor matic

IMIRIAU.ID – TIPS&TRIK. Kejadian motor matic yang tiba-tiba mati sewaktu dikendarai tentunya dapat membuat setiap bikers cemas. Apalagi kejadiannya ketika sob bikers sedang mengantarkan orang tua bikers berbelanja kepasar, atau sewaktu mengantarkan abang sepupu sob bikers menuju bandara di 15 menit sebelum panggilan terakhir. Nah, jangan panik dulu sob bikers, kenali dulu penyebabnya?

Menurut Pongky, mekanik Lancar Jaya di Kayu Putih, Jakarta Timur. Penyebab kejadian motor matik tiba-tiba mati sewaktu dikendarai disebabkan karena hilangnya kompresi pada mesin motor matic bro bikers. “Itu akibat kompresinya yang hilang, biasanya pada saat digas, motor tidak memiliki tarikan yang bagus atau ngempos,” kata Pongky.

Penyebab Hilangnya tiba-tiba kompresi pada motor matic sob bikers umumnya dikarenakan kondisi filter udara yang kotor. Ketika filter udara kotor, akibatnya kotoran dari filter udara masuk ke mesin, dan menyebabkan pembakaran juga kotor, sehingga kompresi menjadi turun.

Sementara itu, Alex yang bekerja sebagai Mekanik Muara Besar di Cipinang menjelaskan, bahwa penyebab lainnya dari motor matic yang tiba-tiba mogok di jalan akibat mesin motor mengalami overheat atau kepanasan.

“Itu karena sistem pelumasan yang tidak bekerja dengan baik atau bahkan kekurangan pelumas. Piston motor jadinya mengalami kerusakan akibat hantaman panas,” ujar Alex. Dalam keadaan tersebut, menurut Alex pengguna jangan sering mencoba menghidupkan motor ataupun dipaksakan untuk hidup. Cara terbaik untuk mengatasinya dengan mendinginkan matic sob bikers selama 20 menit, setidaknya sampai dengan motor dapat didorong ke bengkel terdekat.

Nah, Sudah tahu kan sob bikers? jadi, sob bikers tidak perlu panik lantas emosi ke motor matic sob bikers, kasihan motornya, hehe. Yang terpenting tetap tenang dan selalu jaga kondisi bagian-bagian vital dari motor matic sob bikers, jika tak mau diomeli oleh ibu di pasar dan abang sepupu bikers yang terancam ketinggalan pesawatnya, hehe. Sekian sob bikers, lebih baik mencegah daripada mengobati. Tetap budayakan santun berkendara yang aman dan selamat.

salam pecinta otomotif, salam bikers.

(WAN/IMIRIAU.ID)
Share.

About Author

Zugo Gandi

“Anak lelaki tak boleh dihiraukan panjang, hidupnya ialah buat berjuang, kalau perahunya telah dikayuhnya ke tengah, dia tak boleh surut palang, meskipun bagaimana besar gelombang. Biarkan kemudi patah, biarkan layar robek, itu lebih mulia daripada membalik haluan pulang.” ― Hamka, Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck