Pagani Huayra, yang namanya diambil dari dewa angin Inca, Huayra Tata, adalah hypercar Italia yang merupakan perwujudan filosofi pendirinya, Horacio Pagani: bahwa seni dan ilmu pengetahuan harus berjalan beriringan. Pagani Huayra bukan hanya kendaraan berperforma tinggi; ia adalah karya seni yang bergerak, di mana setiap komponennya dirancang dengan presisi obsesif. Keunikan mobil ini terletak pada penggunaan material eksklusif dan aerodinamika aktif yang canggih, menjadikannya salah satu mobil paling diidamkan dan berharga di dunia. Pagani Huayra menetapkan standar baru untuk bespoke engineering dan desain.
Inti dari keunggulan teknis Pagani adalah sasis Monocoque yang dibuat dari Carbo-Titanium. Material revolusioner ini, yang dikembangkan secara internal oleh Pagani, adalah gabungan serat karbon dan mesh titanium. Serat karbon memberikan kekakuan dan bobot ringan, sementara titanium memberikan kekuatan ekstra pada titik-titik krusial, meningkatkan keselamatan penumpang dan kekakuan torsional hingga 20% dibandingkan sasis karbon-standar. Penggunaan material canggih ini membantu menjaga bobot kering total mobil tetap rendah, sekitar 1.350 kilogram.
Di balik kemewahan dan desainnya, performa Pagani Huayra didorong oleh mesin Mercedes-AMG V12 twin-turbo 6.0 liter yang dibuat khusus untuk Pagani. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 730 tenaga kuda dan dipasangkan dengan transmisi sekuensial 7-percepatan buatan Xtrac. Salah satu keunggulan teknologinya yang paling menonjol adalah aerodinamika aktifnya. Mobil ini dilengkapi dengan empat flaps bergerak (active aerodynamic flaps) yang terpisah—dua di depan dan dua di belakang. Flaps ini dikendalikan oleh komputer mobil yang memproses data dari gyroscope dan accelerometer sebanyak 100 kali per detik.
Sistem flaps ini bekerja secara independen untuk mengerem mobil, menstabilkan chassis saat berbelok, dan menyesuaikan downforce secara dinamis. Kepala Insinyur Aerodinamika Pagani, Dr. Dario Silva, S.T., mencatat dalam laporan uji di sirkuit Imola pada tanggal 19 Agustus 2024, bahwa flaps dapat menyesuaikan kemiringan hingga 10 derajat dalam waktu kurang dari 0.2 detik. Meskipun harga awalnya mencapai jutaan dolar, produksinya dibatasi hanya 100 unit di seluruh dunia, yang semakin menegaskan statusnya sebagai masterpiece teknologi dan seni otomotif.