Usai Mudik, Ini Komponen Penting Mobil yang Wajib Diperiksa

0

IMIRIAU.ID – TIPS & TRIK. Buat Anda yang habis melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil, ada baiknya cek kembali kondisi mobil Anda.

Meski jelang mudik mobil sudah diservis dan ganti oli, tidak ada salahnya jika Anda melakukan perawatan lagi, mengingat perjalanan yang Anda tempuh ratusan kilometer dengan kondisi jalanan yang tidak menentu.

Wahyudi, mekanik dari bengkel Panca Jaya Motor di bilangan Jakarta Barat, menyarankan, meski mobil tidak mengalami masalah saat perjelanan mudik dan balik, lebih baik dicek kembali.

“Saat mudikkan kendaraan bekerja lebih berat, selain menempuh jarak yang jauh, selama terkena macet mesin terus bekerja, saran saya lebih baik dibawa ke bengkel dan diservis,” saran Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, selain diservis, pastikan mekanik memeriksa dan melakukan beberapa tindakan pada komponen dan bagian-bagian penting pada mobil.

Berikut bagian atau komponen yang harus diperikasa, yang disarankan oleh Wahyudi.

1. Ganti oli
Meski oli mesin belum mencapai batas yang ditentukan, lebih baik diganti dengan yang baru, apalagi jika perjalanan yang ditempuh mencapai ratusan kilometer. Sebab trend mudik saat ini waktu tempuh bisa dua sampai tiga kali lipat dan mesin bekerja terus. Wahyudi menyarankan sebelum mengganti oli pastikan filter oli juga dibersihkan.

2. Periksa radiator
Radiator memiliki peran penting untuk kendaraan berfungsi untuk menjaga suhu mesin suapaya tidak cepat panas atau overheat. pastikan tidak ada kebocoran pada radiator. Jika sudah mencapai 10.000 km sebaiknya kuras air radiator untuk memastikan air tetap bersih.

3. Timing belt
Timing belt berfungsi meneruskan putaran roda-roda gigi terhubung ke bagian internal mesin. “Jika timing belt sudah rusak biasanya ada suara berdengung sangat bising ketika mesin dinyalakan, jika ada suara seperti itu sebaiknya ganti dengan yang baru, jangan ambil risiko,” saran Wahyudi.

4. Tune up
Lakukan perawatan berkala supaya aman lakukan tune-up karena tune-up sangat penting untuk mengetahui komponen-komponen penting yang terhubgung dengan mesin, seperti busi, oli dan lain-lain.

5. Cek aki
Aki merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan, berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

Pastikan asupan listik pada aki tetap dalam kondisi normal, sesuai dengan jenis mobil Anda, untuk mobil Toyota Avanza biasanya menggunakan aki berkapasitas 32 ampere. Jika ampere berkurang sebaiknya di cas ulang atau jika memang sudah tidak memungkinkan lebih baik diganti.

Share.

About Author

Irvan

Pencari Kayu Bakar